Pengertian Website, Jenis dan Manfaat yang Harus Kamu Tahu

Pengertian website sebenarnya sangatlah simpel, halaman yang kamu kunjungi ini blogger-indonesia.com juga dinamakan website, begitupun dengan Google, Facebook, Detik, Traveloka dan masih banyak yang lainnya, akan tetapi saya akan menjelaskan lebih detail mengenai pengertian website, jenisnya dan juga manfaat yang akan kita dapatkan.

Pengertian Website

Website adalah suatu kumpulan halaman yang ada pada sebuah domain di internet, di mana halaman tersebut memiliki tujuan untuk memberikan informasi maupun tujuan lain yang saling berhubungan dan dapat diakses secara bebas dari halaman depan yang disebut juga dengan home page. Untuk mengakses halaman tersebut dapat menggunakan sebuah browser dan memasukkan URL website.

Contoh alamat url Blogger Indonesia adalah https://blogger-indonesia.com, jika Anda mengakses url tersebut menggunakan browser maka akan ditampilkan halaman depan (home page) dari website Blogger Indonesia. Sedangkan halaman web lain dapat berupa url kategori atau url lainnya yang berhubungan dengan Blogger Indonesia, biasanya informasi yang didapatkan juga akan berbeda pada setiap halaman web.

Sejarah Website

Sejarah website memang penting untuk kita ketahui, di mana website pertama kalinya ditemukan oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru dapat dipublikasi pada tahun 1991.

Awalnya Tim Berners-Lee membuat sebuah website yang memiliki tujuan agar dapat memudahkan para pekerja untuk bertukar informasi dan juga memperbarui suatu informasi kepada para peneliti di tempatnya bekerja.

Baru pada tanggal 30 April 1993 website dapat digunakan secara gratis oleh seluruh orang di dunia, hal itu diumumkan oleh sebuah organisasi Eropa CERN. Anda juga masih dapat melihat tampiliah dan sejarah awal berdirinya website di http://info.cern.ch/.

Sekarang website sudah sangat berkembang dan dapat dimiliki oleh semua orang, organisasi maupun perusahaan. Dahulu peran website hanya memberikan informasi yang berkaitan dengan tema website tersebut, saat ini dalam satu website banyak memiliki topik, contohya website berita hal apa saja pasti Anda temukan di situ, mulai dari membahas berita harian, tutorial hingga lirik lagu pun ada saja.

Halaman web ini bisa dengan mudah diakses melalui perangkat komputer, laptop, tab dan smartphone jika sudah terhubung dengan jaringan internet.

Manfaat Website

Secara umum website memiliki manfaat yang sangat penting untuk keseharian kita, mulai dari mencari informasi berita, pelarajaran sekolah, video conferencing atau webinar, membuka media sosial tak lupa juga belanja online semuanya bisa Anda lakukan melalui website.

Selain itu, website juga memiliki manfaat lain jika Anda membuatnya, diantaranya yaitu:

1. Membagikan Cerita dan Hobi

Tidak ada salahnya membuat website untuk membagikan cerita keseharian Anda, baik itu pekerjaan, perjalanan wisata, kuliner atau hobi lain yang Anda sukai. Hal ini biasanya di namakan dengan blogger.

2. Membuat CV atau Personal Branding

Membuat website untuk personal branding akan meningkatkan kepercayaan yang sangat tinggi, jika partner Anda melihat hal itu maka akan menjadi nilai tambah karena keseriusan Anda dalam membuat website untuk menampilkan hasil karya maupun portfolio baik itu berupa foto, tulisan, gambar, video, desain, musik dan masih banyak lagi konten yang bisa Anda taruh ke dalam website.

3. Website Dapat Menghasilkan Uang

Apa benar membuat website dapat menghasilkan uang? Pasti dong, jika website Anda ramai pengunjung otomatis akan berdatangan tawaran kerja sama biasanya dalam bentuk penempatan konten atau iklan gambar di website Anda.

Apalagi jika website Anda dapat diterima bergabung dengan Google Adsense pasti akan mendapatkan penghasilan yang lumayan sesuai dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website Anda.

Lain lagi dengan program affiliate marketing yaitu mempromosikan produk atau jasa perusahaan lain, Anda akan mendapatkan keuntungan bisa berupa voucher, pulsa, uang, dll jika ada seseorang yang daftar melalui link Anda yang ada di website. Belum lagi jika Anda menggunakan website untuk berjualan toko online, pasti juga akan mendapatkan penghasilan.

Jenis-jenis Website

Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis website semakin banyak, jadi tidak hanya menampilkan tulisan saja. Untuk itu saya akan membagi jenis-jenis website yang sering kita akses melalui jaringan internet, diantaranya:

1. Website Pribadi (Blog)

Website pribadi atau yang disebut juga dengan blog merupakan salah satu jenis website yang sering dibuat oleh seseorang dengan tujuan untuk membagikan tulisannya, portfolio, gambar dan konten lainnya.

Website pribadi bisa Anda buat secara gratis maupun berbayar, untuk website yang gratis biasanya akan ada nama domain penyedia website tersebut seperti contoh: namaanda.blogspot.com, namaanda.wordpress.com, namaanda.tumblr.com dan masih banyak contoh lainnya. Untuk website berbayar pasti akan menggunakan nama domain utama tanpa embel-embel penyedia layanan. Contohnya: namaanda.com

2. Website Perusahaan (Company Profile)

Website ini akan menampilkan halaman informasi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, bisa juga memberikan informasi jasa yang ditawarkan ataupun informasi lowongan kerja.

3. Website Portal Berita

Kalau website berita biasanya akan menampilkan berita-berita terbaru yang lagi trend ataupun viral, tak sedikit website berita saat ini akan menampilkan segala macam topik.

4. Website Toko Online

Salah satu jenis website yang juga banyak diminati oleh seseorang dengan tujuan mendapatkan penghasilan yaitu membuat website toko online. Jenis website ini tujuan utamanya memang untuk menjual sebuah produk, baik berupa produk fisik maupun digital agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Itulah sedikit gambaran mengenai pengertian website dan juga manfaat yang akan kita dapatkan jika memiliki sebuah website. Membuat website tidaklah sulit, jika Anda masih pemula, sebaiknya gunakan website gratisan terlebih dahulu seperti blogger.com, wordpress.com dan tumblr.com.

Jika sudah memiliki banyak pengunjung dan konsisten menulis alangkah baiknya untuk membuat website berbayar dengan nama domain Anda sendiri, karena yang sulit itu konsisten dalam menulis bukan saat untuk memulainya.

Tujuan utama dalam membuat website berbayar yaitu agar dapat mempermudah untuk memonetize meskipun dengan blogger.com saja sudah bisa mendaftarkan Google Adsense, tapi lebih baik lagi jika menggunakan WordPress.org.

Leave a Comment